• Keyloger si pencuri data

    Anda selalu beraktivitas dengan komputer? Wah... barangkali seorang yang paham itupun paham tentang dasar pemograman system dan jaringan akan sangat aman, tapi untu hanya sebagai user saja perlu kehati-hatian yang luar biasa, apalagi Anda adalah orang yang punya kedudukan di bagian keuangan atau pilot project.

    Dalam memasukkan username dan password Anda mesti teliti dulu, apakah komputer Anda terpasang keylogger? Kalau ini terjadi username dan password dapat diambil orang untuk mengambil celah kelengahan Anda.

    Bagaimana cara menanggulanginya? Mengenal mengetik adalah hal yang biasa dana bagaimana dengan yang biasa berinternet ria. Seperti melakukan, email, chating, blogging, transfer via e-banking, social networking dan lainnya. Aktivitas berinternet ria sudah pasti menggunakan username dan password. Username dan password merupakan data pribadi yang mesti dijaga kerahasiaannya.

    Jika username dan password dapat dibajak ataupun diketahui orang, kemungkinan besar orang bisa membuka data private maupun merubah password Anda. Sehinga tidak bisa login dan mengakses account.

    Keyloger merupakan software pencatat aktivitas kita di komputer. Apapun yang diketikkan akan tercatat oleh keyloger. Keylogger akan mencatatnya dalam bentuk file teks,*.txt. Cara kerja keyloger bersifat hidden (tersembunyi. Biasanya dia akan muncul di systray jika kita melakukan kombinasi keyboard (shortcut tertentu). Jika kita menekan kombinasi keyboard secara otomatis icon keylogger akan muncul di systray. Untuk mudah dan mengerti cara kerjanya dapat dipraktekkan di Komputer Anda. Informasi ini dibuat untuk membantu terhindar dari kejahatan alat elektronik.

    Menginstal Keyloger
    Pastikan anda sudah mendownload keyloger, jika belum klik disini untuk mendownload. Jika sudah extract dahulu file dowload tadi dengan cara klik kanan " extract here" ok. Setelah itu klik kanan pada icon setup keyloger kemudian pilih open seperti pada gambar dibawah ini:

    Setelah itu muncul dialog dari keylogger.

    Klik I Agree sehingga muncul dialog installasi. Buang centang pada Start Menu Shorcuts,jika centang tersebut tidak dibuang maka keylogger akan muncul di Start Program. Setelah itu kemudian klik Next, sehingga muncul dialog. Setelah itu klik install, sehingga muncul dialog. Lalu itu klik Close, dan shortcut keylogger akan muncul di systray (pojok kanan bawah).

    Menggunakan Keylogger
    Setelah Anda selesai menginstall keylogger, coba Anda melakukan aktivitas pengetikkan. Setelah itu klik ganda klik kanan icon keylogger, dan klik view log.
    Kemudian hasil dari pencatatan keylogger.

    Menyembunyikan Icon Keylogger
    Icon Keylogger biasanya disembunyikan. Tidak akan kelihatan seperti itu di icon systray. Cara menyembunyikan adalah dengan klik Kanan Icon keylogger dan klik Hide Icon. Kemudian akan muncul dialog peringatan dari keylogger. Lalu klik OK untuk menyembunyikan. Kita diberitahukan bahwa untuk melihat kembali icon yang telah disembunyikan adalah dengan menekan kombinasi huruf Ctrl+ALT+Shift+F.

    Cara aman dalam menggunakan Komputer di warnet
    Setelah mengetahui hal tersebut, maka sebelum kita menggunakan computer, terutama para pengguna warnet, maka kita periksa dulu apakah computer yang akan kita pakai dipasang keylogger atau tidak.

    Langkah-langkahnya
    Tekan kombinasi Tombol Ctrl+Shift+Alt+F, jika tidak muncul Icon keylogger berarti kita aman untuk melanjutkan.
    Jika muncul Icon keylogger, maka matikan keylogger dengan cara klik kanan icon keylogger, kemudian klik Exit

    Semoga dengan kita ikuti step by step langkah tersebut, kemungkinan akan aman melakukan aktivitas terhindar dari mata-mata pencuri password.

    by ilmukomputer.com

    Related Posts :



0 komentar:

Leave a Reply

Recent Comment


ShoutMix chat widget

Random Post