• Groupe Banques Populaire-Bank Koperasi Prancis


    Groupe Banques Populaire adalah salah satu bank koperasi di Perancis, yang berhasil melakukan diversifikasi bisnis, termasuk dengan mengakuisisi perusahaan swasta.

    Perancis, negara berpenduduk 55 juta jiwa yang terletak di jantung Eropa, memiliki sejumlah bank ko­perasi yang mampu bersaing dengan bank swasta. Pernah mendengar tentang Credit Agricole? Bank koperasi terbesar di Perancis ini masih berdiri di podium pertama, sebagai bank yang memiliki wilayah ope­rasi paling luas di Eropa, menjangkau le­bih dari 70 negara. Dengan 9.000 kantor cabang, Credit Agricole melayani lebih dari 26 juta nasabah perorangan, serta pelaku usaha kecil menengah (UKM). Namun bukan Credit Agricole saja yang berjaya di negara pusat mode tersebut, sebuah bank yang menamakan dirinya Groupe Banques Populaire juga mulai terdengar gaungnya di belantika bank koperasi di Perancis.

    Didirikan oleh Jean Andre Lasse­rand, Groupe Banques Populaire yang bermarkas di Le Ponant de Paris 5 rue Leblanc Perancis ini, telah meng­alami perubahan nama sebanyak dua kali. Bank koperasi ini didirikan untuk me­rangsang inisiatif dan kewirausahawan. Terdiri dari 20 Bank, antara lain 18 Bank daerah bergerak di bidang yang sama, lalu Casden Banque Populaire yang ditu­jukan untuk simpan pinjam dari anggota staf Pendidikan Nasional Pene­litian dan Budaya dan Koperasi Kredit yang mayoritas anggotanya berasal dari ko­perasi, perusahaan bersama, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan lain-lain.

    Groupe Banques Populaire mem­punyai tujuan yang berbeda dari bank-bank kebanyakan. Banques Po­pulaire menginginkan kedekatan yang lebih dengan anggota yang membu­tuhkan dana segar untuk melanjutkan usahanya. Para anggota dari Banques Populaire juga diharuskan ber­par­tisipasi dalam pengadaan modal de­ngan cara menyetor simpanan wajib.
    Dengan 3 juta lebih anggota dan 40 ribu karyawan, Banques Populaire menempati urutan pertama sebagai bank nelayan, bank guru dan bank yang menangani lebih dari 15 ribu asosiasi di Perancis. Di sini anggota bisa merasakan manfaat dari berbagai produk yang ditawarkan Gruope Banques Populaire, antara lain tabungan pensiun per­orang­an, factoring atau asuransi kredit untuk persahaan, pembiayaan untuk pedagang franchise dan UKM.

    Sejak Agustus 2003, Banques Popu­laire juga mengkhususkan Maritim Mutuel kredit, yaitu bank yang berafiliasi Kredit Maritim Mutuel. Bank Maritim Mutual Kredit menyediakan dan aktif dalam bisnis kelautan dan budidaya pe­­rikanan. Bank ini telah melebarkan sa­­yapnya untuk seluruh pembiayaan ekonomi pesisir.

    Groupe Banques Populaire mem­punyai perhatian khusus pa­da UKM atau FCGA (Federation of Accountants Management Center), yang dimaksudkan untuk mengukur pe­rubahan dari omset utama kerajinan, perdagangan dan jasa dari para ang­gotanya. Hal tersebut dilakukan untuk membantu para peng­giat usaha kecil menengah dalam menganalisis ekonomi dan investasi demi berlangsungnya usa­ha yang me­reka jalani.

    Semua aktivitas Banques Populair berpusat di BFBP (Banque Federale des Banques Populaires), yang merupakan kepala jaringan dari seluruh grup yang tergabung dalam Groupe Banques Po­pulaire.

    Pertumbuhan yang pesat ditunjukkan oleh Groupe Banques Populaire, target-target untuk para anggotanya sudah terpenuhi, terbukti dengan ke­giatan simpan pinjam untuk masing-masing 18 bank dari daerah di Perancis sangat lancar dan berkembang. Untuk masing-masing daerah yang diwakilkan, bank sepenuhnya terlibat dalam kegiatan dan keberhasilan ekonomi di tiap-tiap wilayah operasi.

    Pada tiap-tiap daerah mempunyai satu administrator yang bertugas untuk mempertahankan hubungan kedekatan antara bank koperasi de­ngan organisasi sosial dan anggotanya. Selain itu Groupe Banques Populaire juga selalu mengutamakan kepen­tingan pemegang saham, pelanggan, dan para karyawannya dalam konteks sosial ekonomi lokal. Hal-hal tersebut menjadikan Groupe Banques Populaire sebagai bank ritel terbesar kedua di Pe­rancis.

    Groupe Banques Populaire pernah berjaya di tahun 1971 dengan meluncurkan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) pertama di Perancis. Peluncuran ATM tersebut makin memudahkan masyarakat Perancis dalam melakukan transaksi pengambilan uang.
    Sejarah berjayanya Groupe Banques Populaire tidak mandeg sampai di situ saja, seluruh kegiatan yang berkaitan dengan finansial dibabat habis oleh ke­lompok bank populer Perancis ini.

    Terbukti pada 2008 lalu Groupe Banques Populaire mengakuisisi Foncia sebuah perusahaan property terkemuka di Perancis, dan mengambil posisi yang strategis dan kuat di sektor jasa untuk perumahan dan real estate dengan ja­ringan lebih dari 300 perusahaan. Dan secara mengejutkan di tahun 2008 Groupe Banques Populaire membeli 7 cabang HSBC (Hongkong And Shanghai Banking Corporation), antara lain, Societe Marseillaise de Credit (145 agen), Banque Chaix (68 lembaga), Banque de Savoie (59 lembaga), Kredit Komersial du Sud-Quest (56 lembaga), Banque Dupuy de Parseval (47 lembaga), Banque Pelletier (13 agen), Bank Marze (12 lembaga) senilai 2,1 miliar Euro. (Chindya Citra Mutiara)

    Related Posts :



0 komentar:

Leave a Reply

Recent Comment


ShoutMix chat widget

Random Post