• Credit Agricole Perancis - Bank Koperasi di Prancis

    Majid Hamidi Nanlohy

    Industri perbankan Perancis, terguncang oleh imbas krisis keuangan global yang berhulu di Amerika Serikat. Tapi, bank koperasi ini tetap menjulang sebagai salah satu terbesar di Perancis bahkan Eropa, dengan wilayah operasional yang menjangkau 70 negara.

    Kalangan perbankan Perancis dilanda kepanikan luar biasa. Setelah diguncang oleh skandal pembobolan Societe Generale sebesar 4,9 milir Euro (angka pembobolan terbesar sepanjang sejarah perbankan Perancis) pada awal 2008, sekarang giliran Caisse d’Epargne yang mendadak bangkrut akibat hempasan dahsyat krisis keuangan global yang dipicu oleh macetnya kredit perumahan (sub prime) di Amerika Serikat (AS). Kerugian yang menggulung salah satu bank terbesar di Perancis ini, mencapai 600 miliar Euro atau 800 miliar dolar AS.

    Perdana Menteri Perancis Nicolas Sarcozy ikut berang, karena kasus tersebut sangat berpengaruh perekonomian negaranya. Kejatuhan bank yang memiliki 27 juta nasabah itu, ikut merontokkan kepercayaan dunia usaha terhadap sistem perbankan Perancis. Beruntung, negeri berpenduduk 64,5 juta jiwa ini, masih memiliki satu bank besar, yang nyaris tak tergoyahkan oleh krisis, yaitu Credit Agricole.

    Saat ini, Credit Agricole masih duduk di singasana terhormat, sebagai bank yang memiliki wilayah operasi paling luas di Eropa, menjangkau lebih dari 70 negara. Dengan 9.000 kantor cabang, Credit Agricole melayani lebih dari 26 juta nasabah perorangan, serta pelaku usaha kecil menengah (UKM).

    Credit Agricole adalah bank yang bekerja dengan sistem koperasi, yang memiliki sejarah panjang. Embrionya mulai muncul pada 1856, menyusul terjadinya gagal panen besar-besaran di Perancis. Para petani bukan saja terancam kelaparan, tapi juga sulit untuk bangkit kembali karena tidak lagi mempunyai modal untuk memulai usaha taninya. Tidak ada satu lembaga keuangan pun yang sudi meminjamkan uangnya pada mereka.

    Lantas, pemerintah turun tangan dengan membentuk Societe de Credit, semacam kelompok tani, untuk mendapatkan berbagai bantuan. Kelompok inilah yang kemudian menjelma menjadi koperasi simpan pinjam di lingkungan petani, yang bersifat independen. Koperasi pertama terbentuk pada 1885 di Salins-les-Bains. Koperasi ini mampu memberikan pinjaman pada petani yang menjadi anggotanya, namun dibatasi sampai 500 Frank.

    Sejak itu, koperasi simpan pinjam petani terus berkembang, mengawal pertumbuhan sektor pertanian Perancis yang makin moderen. Pemerintah sangat memperhatikan bank koperasi pedesaan ini, karena perannya yang besar. Terlebih, para petani kecil yang menjadi anggotanya, saat itu memberikan kontribusi paling besar terhadap produksi pertanian nasional, jauh melewati kontribusi industri pertanian (estate).

    Lantas, koperasi-koperasi petani tersebut membentuk bank lokal. Melalui koperasinya, mereka mempunyai kontrol terhadap bank tersebut, termasuk dalam memilih para pengelolanya. Bank-bank lokal tersebut kemudian membangun jaringan di tingkat nasional, hingga membentuk Credit Agricole. Dengan jaringan sistem keuangan yang makin mapan ini, petani di Perancis tidak pernah lagi mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan modalnya. Mereka juga sangat loyal menyimpan uangnya di koperasi.

    Pada 1914, sehabis Perang Dunia I, panggung perbankan Perancis goyah. Sektor pertanian pun kembali mengalami penurunan, dengan tingkat produksi yang makin rendah. Namun, guncangan hebat ini tidak menggoyahkan Credit Agricole. Meskipun, sampai 1930 tingkat produksi pertanian tidak pernah kembali ke level sebelum Perang Dunia I. Credit Agricole justru dituntut untuk bisa memacu kembali produktivitas pertanian, melalui pelayanan kreditnya. Di sini, pemerintah memang membantu. Bahkan, pada 1920, pemerintah ikut mengontrol Credit Agricole, meskipun kepemilikannya tetap berbasis pada petani. Kontrol pemerintah ini terkait dengan kredit yang disalurkan, yang sebagian besar memang berasal dari kas negara.

    Setelah melewati fase sulit, Credit Agricole kembali tumbuh, dengan kapasitasnya yang makin besar. Bank ini bukan hanya memberi layanan pinjaman kepada petani secara individual, tetapi juga pada koperasi petani yang mulai merambah pada sektor perdagangan, dan agroindustri. Di sini, koperasi lagi-lagi memainkan peran besarnya, dalam pemulihan ekonomi Perancis pasca Perang Dunia I.

    Ketika Perang Dunia II meletus, lagi-lagi sektor pertanian terpukul. Bahkan lebih hebat. Namun karena Credit Agricole sudah makin mapan, proses pemulihannya jadi lebih cepat.

    Setelah 1945, Bank of France dan sejumlah bank utama lain di Perancis, mengalami nasionalisasi. Di bawah kendali Menteri Keuangan, pemerintah mempunyai kendali lebih besar terhadap target penyaluran kredit. Untungnya, sektor pertanian masih mendapat perhatian besar. Kinerja Credit Agricole pun makin berotot.

    Setelah Perang Dunia II berakhir, Credit Agricole melebarkan penyaluran kreditnya, untuk mendukung berbagai pembangunan infrastruktur pendukung pertanian. Mulai dari pabrik pupuk, pengairan, pabrik peralatan pertanian modern sampai listrik pedesaan. Langkah ini leluasa dilakukan, karena kredit yang disalurkan mendapat subsidi dari pemerintah.

    Namun begitu, bukan berarti para petani bersikap pasif menerima kredit bersubsidi. Mereka juga aktif mengimpun modal bagi bank koperasi. Selama periode 1938 sampai 1946, modal yang dihimpun bank koperasi lokal, mengalami lompatan besar, dari FFr 1,6 miliar, menjadi FFr 28 miliar.

    Kendati melakukan ekspansi kredit secara besar-besaran ke infrastruktur pertanian, Credit Agricole tidak pernah melupakan penyaluran kredit pada petani kecil, yang menjadi anggota koperasi. Di banding negara-negara Eropa lain, produktivitas pertanian Perancis memang relatif lebih kecil, karena lebih banyak mengandalkan petani yang memiliki lahan sempit.

    Untuk memperbesar kapasitasnya, Credit Agricole terus melakukan ekspansi kredit, hingga merambah sektor lain yang tidak terkait dengan pertanian. Memasuki era 1970-an, bank ini melahirkan sejumlah anak perusahaan, termasuk industri pengolahan makanan. Langkah ini memang berhasil menggenjot kinerja bisnis Credit Agricole. Namun, pemerintah selalu mengingatkan agar kredit kepada petani tidak diabaikan. Peringatan paling serius, dilontarkan oleh Menteri Keuangan Giscard d’Estaing. “Credit Agricole jangan terlena mengejar keuntungan financial, tetapi juga harus tetap memperhatikan keuntungan sosial, dengan melayani para petani,” tandasnya, “Keduanya harus seimbang.”

    Di luar Credit Agricole, memang tuidak ada bank lain yang mau membiayai sektor pertanian. Jadi kredit pertanian benar-benar dimonopoli Credit Agricole. Bahkan, kredit pertanian mendapat fasilitas bebas pajak dari pemerintah.

    Pada 1975, Credit Agricole melebarkan ekspansinya hingga menembus luar negeri. Namun, untuk kredit antar negara, sector yang dibiayai masih berhubungan dengan pertanian, misalnya, pada eksportir dan importir produk pertanian. Pada 1977, saat mata uang dolar AS terpuruk, Credit Agricole sempat tampil sebagai bank terbesar di dunia. Pada 1978, Credit Agricole mencetak keuntungan FFr400 juta, melewati keuntungan yang diraih tiga bank besar Perancis digabung jadi satu.

    Ekspansi Credit Agricole ke luar negeri makin kokoh, setelah pada 1979 membuka cabang di Chicago, AS, disusul cabang lain di London, Inggris, dan New York, AS. Langkah ini terus berlanjut, hingga meliputi lebih dari 70 negara.

    Setelah tampil sebagai “penyelamat” pada krisis semasa Perang Dunia I dan II, kini Credit Agricole kembali tampil untuk menyelamatkan sektor keuangan Perancis, salah satu negara maju dengan Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar keenam di dunia.

    Jaringan Credit Agricolen 39 Bank Regional
    - 2.573 Bank Lokal.
    - 7.160 Kantor Cabang.
    - 5,7 juta Koperasi Pemegang Saham.
    - 20 juta nasabah.
    - 11.300 Automated Teller Machines (ATMs). (Husni Rasyad)

    Related Posts :



6 komentar:

  1. Unknown says:

    Selamat siang,

    Apakah Anda dalam masalah pinjaman keuangan? atau apakah Anda memerlukan pinjaman cepat untuk membersihkan debet Anda dan kembali ke bisnis dengan suku bunga 2%. Jika ya, hubungi kami melalui email kami di bawah ini: exxonmobil191@outlook.com

    Harap berikan kami hal-hal berikut di bawah ini.

    1) Nama Lengkap: ............
    2) Jenis Kelamin: .................
    3) Umur: ........................
    4) Negara: .................
    5) Nomor Telepon: ........
    6) Pekerjaan: ..............
    7) Penghasilan Bulanan: ......
    8) Jumlah Pinjaman Yang Dibutuhkan: .....
    9) Jangka Waktu Pinjaman: ...............
    10) Tujuan Pinjaman: ...........
    11) Çurrency: ............

    Terima kasih.

  1. Saya ingin memberikan semua kemuliaan kepada Allah SWT untuk apa yang Dia gunakan Bunda Rossa lakukan dalam hidup saya, nama saya Mira Binti Muhammad dari kota bandung di Indonesia, saya seorang janda dengan 2 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan mobil dan Sejak saat itu hidup menjadi sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah berusaha beberapa kali untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di Indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya sangat sedih
    Pada hari yang penuh pengabdian ini ketika saya pergi melalui internet, saya melihat kesaksian ibu Annisa bekerja tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Ny. Rossa dan saya menghubunginya untuk bertanya tentang ibu perusahaan pinjaman Rossa dan seberapa benar pinjaman dari ibu Rossa dan dia mengatakan kepada saya itu benar dan saya menghubungi Ibu Rossa dan setelah mengajukan permohonan pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam saya mendapatkan uang pinjaman saya di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa akun saya, uang pinjaman saya masih utuh dan saya sangat senang dan saya telah berjanji bahwa saya akan membantu untuk bersaksi kepada orang lain tentang perusahaan pinjaman ibu rossa, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan siapa pun yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Rossa melalui email: rossastanleyloancompany@gmail.com dan Anda Dapat juga hubungi saya melalui email saya: mirabintimuhammed@gmail.com untuk informasi serta teman-teman saya Annisa Barkarya melalui email: annisaberkarya@gmail.com

  1. Saya ingin memberikan semua kemuliaan kepada Allah SWT untuk apa yang Dia gunakan Bunda Rossa lakukan dalam hidup saya, nama saya Mira Binti Muhammad dari kota bandung di Indonesia, saya seorang janda dengan 2 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan mobil dan Sejak saat itu hidup menjadi sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah berusaha beberapa kali untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di Indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki jaminan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya sangat sedih
    Pada hari yang penuh pengabdian ini ketika saya pergi melalui internet, saya melihat kesaksian ibu Annisa bekerja tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Ny. Rossa dan saya menghubunginya untuk bertanya tentang ibu perusahaan pinjaman Rossa dan seberapa benar pinjaman dari ibu Rossa dan dia mengatakan kepada saya itu benar dan saya menghubungi Ibu Rossa dan setelah mengajukan permohonan pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam saya mendapatkan uang pinjaman saya di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa akun saya, uang pinjaman saya masih utuh dan saya sangat senang dan saya telah berjanji bahwa saya akan membantu untuk bersaksi kepada orang lain tentang perusahaan pinjaman ibu rossa, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan siapa pun yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Rossa melalui email: rossastanleyloancompany@gmail.com dan Anda Dapat juga hubungi saya melalui email saya: mirabintimuhammed@gmail.com untuk informasi serta teman-teman saya Annisa Barkarya melalui email: annisaberkarya@gmail.com

  1. enny says:

    Halo semua orang di situs ini sangat senang karena saya akhirnya mendapat pinjaman, semua pujian kepada ALLAH saya mendapat pinjaman Rp 170.000.000 juta dari Anthony Yuliana semoga ALLAH terus memberkati mereka, saya hanya melakukan pembayaran untuk biaya pinjaman saya biaya asuransi dan transfer sebelum saya mendapatkan jumlah pinjaman saya Rp 170.000.000 juta masukkan ke dalam rekening saya (BCA) 0272262754, bagi mereka yang mencari pinjaman harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu hanya sedikit yang nyata dan Anthony Yuliana adalah salah satu pemberi pinjaman pinjaman nyata dan ASLI, Anda juga dapat menghubungi Pemberi Pinjaman Anthony Yuliana jika Anda membutuhkan pinjaman, BBM INVITE ((E37F9BCC)) nomor whatsapp +2348138908619 email (anthony.yulianalenders@gmail.com)
    email saya sendiri (ennywaper771@gmail.com)

  1. Halo semuanya, Nama saya Siska wibobo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

  1. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

Leave a Reply

Bookmark and Share

Recent Comment


ShoutMix chat widget

Random Post