• Credit Union Central of Canada - Kopdit Kanada

    Kanada, jaringan koperasi kredit telah tumbuh menjadi salah satu lembaga keuangan terbesar, dan pelopor untuk penerapan beberapa layanan. Gerakan kopdit di negeri ini juga gencar mengembangkan koperasi serupa di negara lain, termasuk Indonesia.

    Lembaga keuangan apa yang pertama kali menerapkan dan membangun jaringan automatic teller machine alias ATM? Pikiran Anda barang kali akan dengan cepat memunculkan jawaban: “Tentu saja, perbankan!” Tapi, maaf, jawaban itu seratus persen salah. Yang benar adalah credit union, yang di Indonesia dikenal dengan nama koperasi kredit (kopdit).

    Tambahan lagi, layanan ATM hanyalah salah satu bentuk kepeloporan gerakan kopdit, dalam sistem layanan lembaga keuangan di Kanada. Banyak lagi sistem lainnya, yang kemudian dicontek oleh kalangan perbankan di sana hingga sekarang.

    Kepeloporan kopdit tersebut, sudah tentu mencerminkan kebesaran dan kinerjanya. Bayangkan saja, satu dari tiga orang Kanada, adalah anggota kopdit. Gerakan koperasi ini berhasil menghimpun aset hingga 95,1 miliar dolar AS, dengan pinjaman yang berputar mencapai 79,2 miliar dolar AS.

    Ini yang penting: Kinerja bisnis yang membelalakan mata itu, dicapai kopdit di Kanada, justru dengan menjalankan kepatuhannya pada prinsip koperasi, seperti keanggotaan yang terbuka, pengelolaan dengan kendali yang demokrastis, pendidikan dan kerja sama antar koperasi.

    Sama seperti kemunculan koperasi lain di belahan dunia manapun, kopdit di Kanada juga hadir untuk membantu kelompok marjinal, yang tidak bisa membayangkan bisa memenuhi kebutuhan pinjamannya, dengan memanfaatkan jasa perbankan. Pada saat itu, di belahan Eropa terutama Jerman, sudah ada kopdit yang digagas oleh Schulze Delicth sejak 1850, yang kemudian disempurnakan lagi oleh Raiffeisen pada 1864.

    Terinspirasi oleh gagasan kopdit tersebut, pada 1900, sebanyak 80 orang pekerja rendahan di Levis, Quebec mendirikan kopdit pertama. Butuh melintasi rentang 40 tahun, kepeloporan tersebut menjelma menjadi sebuah gerakan, ditandai oleh berdirinya kopdit-kopdit baru di daerah lain, dan kesemuanya disatukan dalam sebuah jaringan yang diwadahi Canadian Central.

    Sejarah panjang gerakan kopdit Kanada, telah meletakkan sebuah filosofi yang menjadi fondasi dalam pengembangan selanjutnya, yaitu bahwa setiap orang berhak mendapatkan kesempatan untuk meraih kesejahteraan ekonomi, dengan cara bekerja sama untuk memperjuangkannya.

    Setiap langkah yang mengkontribusikan keuntungan pada koperasi, pada akhirnya harus mempunyai dampak pada peningkatan kesejahteraan individu yang tergabung sebagai anggota.

    Sebagai landasan pergerakannya, Credit Union Central of Canada (CUCC) memancangkan visi yang sangat jelas, yaitu memberikan nilai tinggi sebagai katalisator yang kuat, untuk membangun kopdit yang kompetitif, dalam menyediakan jasa keuangan paling superior di Kanada. Untuk mencapainya, selalu didengungkan satu slogan sederhana, namun memiliki makna kuat: credit union are stronger together than apart!

    Sekarang ini, ketika persaingan dalam jasa keuangan makin ketat baik di level lokal maupun global, kopdit Kanada makin merasa perlu untuk memperteguh jaringan hingga tercapai efisiensi dan skala ekonomi, yang ujung-ujungnya dapat meningkatkan pelayanan lebih baik lagi bagi anggota.

    Sebagai induk kopdit, CUCC melancarkan berbagai kegiatan terutama untuk lebih memperkuat lagi jaringan yang sudah terbangun. Salah satunya yang terpenting, adalah menyelenggarakan forum khusus untuk para pemimpin kopdit, serta melakukan up guarding kemampuan mereka melalui berbagai pendidikan kepemimpinan, dan menggencarkan kegiatan:

    1. Membangun pengaruh yang kuat dalam berbagai asosiasi terkait di mana gerakan kopdit menempatkan wakilnya, seperti pada Canadian Payment Association dan Interac Association.
    2. Memberikan layanan konsultasi untuk mengelola bisnis simpan pinjam, sehingga mampu memberikan tingkat bunga yang kompetitif, baik untuk tabungan maupun kredit.
    3. Membangun dan menjaga hubungan baik dengan dengan para pejabat pemerintah pusat, agar mengeluarkan kebijakan yang kondusif bagi perkembangan gerakan kopdit.
    4. Memberikan fasilitasi untuk meningkatkan pelayanan di level sekunder, dan memacu efisiensi dalam pengelolaan primer kopdit.

    Di samping terus aktif melakukan upaya ke arah pengembangan, mengikuti perubahan jaman, pencapaian gerakan koperasi Kanada hingga menjulang sekarang ini, juga tidak lepas dari berbagai keunggulan sistem koperasi yang ditawarkannya. Jadi, penerapan sistem ini secara konsisten, tidak dianggap sebagai penghambat (seperti yang kerap dikeluhkan oleh sebagian pegiat koperasi di Indonesia). Sebaliknya, justru menjadi kelebihan yang membedakan secara jelas dengan lembaga keuangan lain seperti perbankan.

    Tapi bukan berarti upaya menyodorkan kelebihan itu mulus-mulus saja. Seperti juga di Indonesia, kopdit di Kanada juga sempat dipandang sebelah mata, dianggap sebagai lembaga keuangan mikro yang hanya diperuntukan bagi masyarakat di pedesaan para buruh. Tapi, anggapan itu langsung dijebol oleh kerja keras, untuk menggapai perkembangan pesat, hingga kiprahnya menjangkau ke seluruh negeri.

    Jangkauan luas itu, bahkan melebihi kemampuan perbankan swasta. Terlebih, gerakan kopdit juga selalu menjadi yang terdepan dalam hal penerapan teknologi untuk meningkatkan pelayanan, seperti penggunaan jaringan ATM. Karena itu, citra buruk di masa lalu, kini sirna tak berbekas lagi.

    Sebaliknya, dengan prinsip keanggotaan yang terbuka, kopdit menjadi lembaga keuangan paling favorit. Misalnya Kopdit British Colombia, yang berkantor pusat di kawasan bisnis Creekside Drive, Vancouver. Kopdit ini menjadi pilihan pertama masya¬rakat setempat, yang mayoritas sudah menjadi anggotanya.

    Mengapa kopdit tampak begitu istimewa di mata orang Kanada yang sudah sangat rasional itu? Sekali lagi, salah satu faktor terpenting adalah diterapkannya sistem koperasi secara konsisten, terutama menyangkut pengelolaan secara demokratis dan kepemilikan secara bersama, di mana anggota yang menjadi nasabah adalah juga pemilik.

    “Penerapan prinsip koperasi yang dipadukan dengan pengelolaan profesional serta penggunaan teknologi terdepan untuk meningkatkan pelayanan, merupakan daya tarik luar biasa bagi siapapun, sehingga mereka mau bergabung dengan credit union,” ungkap Michael Tarr, salah seorang Pengurus CUCC yang berasal dari Credit Union British Colombia, “Sebab semua orang berhak atas kesempatan meningkatkan kesejahteraannya, sekaligus memanfaatkan layanan terbaik, tidak peduli dari manapun asalnya.”

    Secara umum, prinsip koperasi yang menjadi landasan bekerjanya kopdit di Kanada, adalah, pertama, keanggotaan secara sukarela dan terbuka Kedua, kontrol pengelolaan dilakukan secara demokratis oleh anggota. Ketiga, pembagian manfaat ekonomi berdasarkan kontribusi setiap anggota. Keempat, otonomi dan independen, sebagai organisasi untuk menolong diri sendiri, yang diawasi sepenuhnya oleh anggota). Kelima, pendidikan, training dan informasi untuk seluruh anggota, pengurus dan manajemen. Keenam, kerja sama antar koperasi, baik di tingkat lokal, provinsi, nasional maupun internasional.

    Khusus untuk menjalankan prinsip yang keenam, gerakan kopdit Kanada bukan hanya menjalin kerja sama, tetapi juga membantu mengembangkan kopdit di berbagai negara, termasuk Indonesia.

    Serba Pertama
    Koperasi kredit telah tampil sebagai pelopor untuk sistem tertentu, dalam jasa keuangan di Kanada. Sistem tersebut, pada intinya, ditujukan untuk menciptakan pelayanan yang lebih baik kepada anggota yang menjadi nasabah. Kemudian, sistem tersebut banyak diadopsi oleh kalangan perbankan. Berikut adalah beberapa hal yang pertama kali dilakukan koperasi kredit tersebut:
    1. Menilai karakter calon peminjam.
    2. Pembayaran cicilan dengan sistem potong gaji (untuk karyawan), atau autodebet bagi nasabah yang memiliki tabungan (atas seijin nasabah).
    3. Hipotik terbuka.
    4. Lembaga keuangan yang pertama memberikan pinjaman kepada kaum perempuan, atas nama mereka sendiri (sejak 1960-an).
    5. Menawarkan tabungan dengan bunga harian.
    6. Menggunakan jaringan ATM.
    7. Pelayanan kartu debit.
    8. Jasa perencanaan pendidikan bagi keluarga nasabah.
    9. Pertama kali menerapkan internet banking.
    10. Penggunaan cek.

    Fakta Koperasi Kredit Kanada
    Koperasi kredit di Kanada, berjumlah 498 unit dan di level nasional tergabung dalam Credit Union Central of Canada, dan memiliki:
    - 1.783 sebaran lokasi pelayanan.
    - 4,9 juta anggota.
    - Aset sebesar 95,1 miliar dolar AS.
    - Menghimpun deposito sebanyak 84,2 miliar dolar AS.
    - Pinjaman yang berputar 79,2 miliar dolar AS.
    - Karyawan sebanyak 24.000 orang.
    - Secara keseluruhan, merupakan peruahaan jasa keuangan terbesar kedua di Kanada, yang memberikan pinjaman kepada usaha kecil. (Husni Rasyad)


    10 Besar Kopdit Kanada
    1. Vancity
    2. Coast Capital Savings
    3. Meridian Credit Union
    4. Capital City Savings
    5. Envision Credit Union
    6. Community Credit Union
    7. Conexus Credit Union
    8. Steinbach Credit Union
    9. First Calgary Savings
    10. Alterna Savings
    11. Desjardins Credit Union
    12. Prospera Credit Union

    Related Posts :



0 komentar:

Leave a Reply

Recent Comment


ShoutMix chat widget

Random Post