• Koperasi Peratnia Kanada-Cooperative Canada

    Memajukan pertanian, termasuk institusi pendukung pokoknya tak bisa tercipta dalam semalam. Selain faktor tradisi, kerja keras konsisten dan kerja sama antar kelembagaan sangat penting. Apa aspek andalan koperasi pertanian di Kanada?

    SEKTOR perkoperasian di Kanada, sudah menjadi bagian integral dari roda perekonomian. Itu sebab¬nya banyak aspek kehidupan di negara ini sudah bisa ditangani oleh koperasi. Di sekitar wilayah perkantoran hingga kehidupan di sejumlah rumah tangga, juga mendapat pelayanan dari lembaga bisnis koperasi. Termasuk layanan di bidang keuangan, perbankan dan asuransi, koperasi di salah satu negara dari 10 negara industri terbesar alias G-8 ini juga dilakukan oleh koperasi.

    Fakta juga menunjukkan, terutama di negara bagian Atlantik, Prairi dan Pasifik negara ini sangat dikenal sebagai penghasil produk perikanan, kehutanan dan pertanian. Pada konteks ini pun, koperasi pertanian memainkan peran yang strategis. Peranan ini bukan datang dengan tiba-tiba. Sebab sudah berabad sebelumnya, penduduk asli maupun pendatang di negara yang terdiri dari 10 provinsi ini hidup dan bekerja di perkebunan.

    Tak mengherankan jika saat ini masyarakat negara berpenduduk sekitar 32 juta orang ini, memasuki era yang disebut revitalisasi masyarakat pedesaan secara nyata. Sekarang mereka sangat membutuhkan organisasi pemasaran transparan. Tujuannya, para petani mendapat keuntungan diharapkan. Dengan catatan, selama mereka mampu memasok berbagai produk pertanian atau perkebunan yang dibutuhkan pasar. Maka institusi koperasi adalah jalan keluar yang tidak diragukan.

    Di sisi lain sejumlah koperasi pertanian yang sudah ada, tak segan-segan memperbaiki diri. Atau menyesuaikan dengan masukan dan tuntutan dari anggota koperasi maupun warga masyarakat selaku konsumen. Secara kuantitatif, jumlah koperasi yang pada 1986 berjumlah 955 koperasi menjadi 1.288 koperasi pertanian pada 2000.

    Sampai tahun 2000 itu, wilayah negara dengan empat musim ini seluruh kinerja koperasi pertaniannya mampu menyumbang pendapatan negara senilai sekitar 19,6 miliar Dolar AS per tahun. Sedangkan penetrasi pasar produk koperasi pertanian ini, mencapai 80 persen dari total pasokan di pasaran produk pertanian. Prosentase itu termasuk di dalamnya untuk produk susu, biji-bijian dan minyak nabati.

    Koperasi di sub sektor perkebunan dilaporkan memiliki pertumbuhan kontribusi terbesar pada fase tahun 1996-2000. Persisnya dari 2,8 miliar Dolar AS menjadi 3,3 miliar Dolar AS. Yang jelas, di kawasan sebagian besar negara yang sering berselimut salju itu, total keanggotaan seluruh koperasi mencapai 468 ribu orang. Dan 58 persen di antaranya merupakan anggota koperasi di sub sektor perkebunan.

    Aspek pemasaran produk ko¬perasi pertanian, sudah merambah ke seluruh provinsi negara bagian maupun di wilayah yang berpedesaan sangat cantik. Wajar saja bila para anggota koperasi di negara ini, dapat memanen keuntungan secara ekonomis. Mereka juga mendapat pelayanan yang baik dari institusi koperasinya.

    Konsentrasi di Pemasaran
    Banyak contoh bisa dikemukakan yang menunjukkan betapa koperasi pertanian di negara anggota persemakmuran Inggris ini, sangat mempedulikan aspek pemasaran produk. Ambil contoh di sektor persusuan. Hingga tahun 2000 koperasi mampu menyumbang sampai 59 persen dari total pasar produk sejenis. Terkait pencapaian ini, Koperasi Susu Atlantic Canada yang bekerjasama dengan Koperasi Scotsburn dapat membukukan transaksi senilai 443 juta dolar AS. Sedangkan Koperasi Ontario Gay Lea yang merupakan gabungan sejumlah koperasi persusuan bahkan mampu memecahkan rekor penjualan sebesar 273 juta dolar AS pada 2002.
    Tak terkecuali di kota Ontario yang merupakan salah satu pusat perdagangan dan empat provinsi di sekitarnya, koperasi di bidang penjualan daging sapi juga memasarkan secara baik. Sejak di sisi perolehan bahan baku, anggota koperasi mendapatkan sejumlah pelayanan yang bagus. Di provinsi-provinsi ini para anggota koperasi bisa mengambil 25 persen dari pangsa pasar penjualan daging.

    Sedangkan di Provinsi Quebec, melalui Koperasi Federee para anggota koperasi merasa sangat terbantu memasarkan produk pemotongan daging ayam mereka. Tak kurang 65 persen produk daging ayam sudah menembus pasar di provinsi ini. Asosiasi Koperasi ACA merupakan pemimpin pasar di kawasan ini.

    Sejumlah koperasi di wilayah Ontario, juga bekerjasama dengan Badan Pemasaran Produk Hortikultura. Ini dilakukan karena potensi dan perluasan pasar sayur-sayuran dan buah-buahan di kawasan ini berkembang pesat. Khususnya di Nova Scotia dan Ontario, keduanya merupakan basis pemasaran yang sangat penting dibanding wilayah lain.

    Namun demikian ada juga semacam anomali di dunia pertanian negara berbentik konfederasi ini. Mengapa demikian? Sebab, bersamaan dengan pertanian yang baik, tapi produksi pertanian marijuana di Kanada juga terus meningkat. Lebih dari separoh penduduk di mana angin dingin (windchill) sering bertiup ini, mengaku pernah menggunakan marijuana. Yang jelas, beberapa tahun belakangan ini koperasi pertanian di negara dengan sebagaian berkawasan padang rumput (prairie) ini sudah memulai memproduksi komoditi agroindustri. Konkritnya, membuat produk-produk pertanian organik. Dari komoditas susu dan sejumlah produk tanaman berserat serta daging potong. (Husni Rasyad)

    Related Posts :



0 komentar:

Leave a Reply

Recent Comment


ShoutMix chat widget

Random Post