• Menulis Straight News

    Secara teori , berita (straight news) merupakan informasi masak yang ditulis oleh wartawan. Mengapa sering disebut demikian, karena informasi mentah yang berasal dari masyarakat belum tentu dapat dikatakn sebagai berita.

    Artinya landasan berita yang ditulis wartawan adalah adanya informasi mengenai suatu kejadian (peristiwa). Misalnya ada sesorang yang datang ke wartawan memberitahukan adanya kasus pembunuhan da menjelaskan ada dua korban yang tewas karena sabetan samurai. Apakah tanpa investigasi (check and recheck) ke lapangan sang wartawan boleh langsung menulis menjadi berita? Jawabnya tidak.

    Informasi yang disampaikan seseorang belum memenuhi syarat mutlak untuk dijadikan berita. Syarat mutlaknya informasi tersebut sudah mengandung unsur data, fakta dan beragam sumber dari lapangan. Makanya, informasi harus dikembangan oleh wartawan dengan recheck ke lapangan untuk menggali data dari fakta yang terjadi. Misalnya informasi menganai suatu pembunuhan. Wartawan harus mengorek keterangan dari saksi mata, jumlah korban (data dan fakta pembunuhan), pihak rumah sakit (untuk mengetahui korban tewas kerena bacokan atau sebab lain), keluarga korban, tersangka, serta polisi.

    Mengapa harus selengkap itu? Itulah ciri berita (straight news) yang harus memnuhi syarat untuk dipublikasikan. Dari data yang dihimpun, dapat diinformasikan peristiwa secara utuh. Maka, sebelum menjadi wartawan harus mengetahui aspek tugasnya sebagai penuli berita (straight news, feature dan editorial) yang layak dipublikasikan. Biasanya sebelum ditugaskan ke lapangan, calon wartawan akan diberi pelatihan mengenai pemahaman dan fungsi berita (straight news, feature dan editorial atau tajuk rencana).

    Fungsi berita melalui media cetak, sebuah straight news mempunyai fungsi sentral untuk menginformasikan suau kejadian penting (peristiwa) secara utuh kepada masyarakat.

    Apa penting kejadian itu? Ya, peristiwa pembunuhan tersebut bisa saja terjadi kepada seseorang apakah itu yang terbunuh adalah pejabat, tokoh masyarakat, tetangga, atau saudara dekat.

    Dari berita lurus (straight news) yang disajikan akan dipaparkan secara gamblang tentang kapan peristiwa itu terjadi, siapa pelakunya, siapa korban dan berapa jumlah yang tewas atau terluka, apa kata saksi mata, apa penjelasan dari rumah sakit, dan apa statemen dari pihak kepolisian.

    Dengan kata lain, straight news merupakan beita awal (langsung) yang menjelaskan tentang kejadian suatu perkara di lapangan yang faktual dan aktual.

    Oleh Anto Narasoma
    Wartawan Senior Sumatera Express

    Related Posts :



0 komentar:

Leave a Reply

Recent Comment


ShoutMix chat widget

Random Post