• Menulis Editorial

    Editorial Atau tajuk rencan merupakan tulisan bercorak ulasan. Ulasan yang ditulis merupakan pandangan terhadap suatu peristiwa yang sedang berkembang dimasyarakat (aktual). Tulisan ini menunjukan sikap sebuah surat kabar untuk membahasa persoalannya, sehingga dapat dijadikan referensi oleg masyarakat.

    Misalnya, peristiwa pembunuhan sadis yang menimpa Hamidah, seorang wanita setengah baya-keturunan Arab. Karena peristiwa itu terbilang sadis, perkembangan yang terjadi di lapangan sangat menarik untuk diikuti.

    Hal menrik seperti ini sangat menarik untuk disikapi oleh media yang memberitakan kasusnya. Mengapa peristiwa pembunuhan Hamidha itu menarik dibuat tajuk rencana?

    Karena peristiwa itutergolong sadis. Bahkan kasusnya lebih sadis dibanding peristiwa pembunuhan dan perkosaan yang menimpa gadis masnah pada tahun 1968.

    Peristiwa Masnah sangat menghebohkan masyarakat nusantara. Sebab selain diperkosa, ia juga dibunuh secara sadis oleh pacarnya. Namun dalam tempo hampir empat puluh tahun sejak terbunuhnya Masnah, peristiwa Hamidah dikategorikan labih sadis. Karena kepalanya dipenggal dan mayatnya dibuah di temapt terpisah.

    Apa yang patus diulas dari peristiwa Hamidah? Bisa menyoroti dari berbagai sudut yang dirangkai dengan kesetaraan hukuman apa yang patut diberlakukan terhadap si pembunuh.

    Editorial seperti ini dapat memberikan semangat bagi petugas penegak hukum untuk mepertimbangkan sisijudisialnya sehingga proses hukumnnya berjalan adil. Di sisi lain si pembunuh tidak merasi dizalimi dengan sanksi hukum yang didakwakannya.

    Itulah perbedaan mendasar dari fungsi editorial dibanding straight news dan feature (karangan). Dengan kata lain straight news dan feature hanya memberikan gambaran kejadian secara runtut, sedangkan editorial berfungsi mengugah masyarakat dan penegak hukum dalam menyikapi suatu peristiwa yang sedang berkembang di masyarakat.

    Oleh Anto Narasoma
    Wartawan Senior Sumatera Express

    BDV-911430-BDV

    Related Posts :



0 komentar:

Leave a Reply

Recent Comment


ShoutMix chat widget

Random Post