• Kerajinan Seni Ukir Dayak

    Jika dilihat dari koleksi patung-patung serta aneka ukiran kayu yang terserak di galerinya, Mohammad Bakri Udin mungkin bisa menyandang seniman seni ukir khas Kalimantan. Tetapi, ia hanya mengaku sebagai pedagang barang antik. Konsumennya datang dari berbagai negara.

    Seni Ukir Bahati Jaya, Jual Beli Barang Antik dan Produksi Kerajinan khas Kalimantan. Demikian Bakri Udin memasang merek dagang usahanya yang terletak di Samarinda Seberang, Kalimantan Timur. Sepintas hanyalah sebuah toko yang khusus menjual cindera mata khas Kalimantan. Namun saat memasuki bagian dalam toko yang merangkap pabrik itu, terlihat koleksi barang-barang antik di tengah sejumlah perajin yang tengah serius mengukir aneka kayu menjadi benda seni yang berharga.

    “Ini ukiran burung khas Dayak Kenyah, yang ini Topeng khas Dayak Benoa, dan yang itu patung hidung betet khas Dayak Punau,” sergah Bakri Udin saat menemani PIP meninjau galerinya yang merangkap toko, pertengahan Agustus lalu. Hampir seluruh jenis kerajinan ukir khas Kalimantan tersedia di situ, mulai dari koleksi barang antik yang dicari perantau dari Bugis ini hingga ke pedalaman suku-suku dayak hingga koleksi yang ia buat sendiri bersama puluhan perajin. Harganya, sangat bervariasi, ada seni ukir yang hanya dijual Rp 50.000 tapi ada juga yang mencapai ratusan juta.

    Di etalase tokonya, Bakri Udin menggelar aneka macam ukiran burung dan patung ukuran kecil (20-30 cm) untuk cindera mata khas Kalimantan dengan harga mencapai Rp 150.000. Tetapi bagi peminat barang antik yang serius, ia mengajak sang tamu ke bagian dalam tokonya yang menyimpan berbagai jenis ukiran dan barang antik.

    Orientasi Ekspor
    Untuk mengerjakan aneka ukiran khas tersebut, pria kelahiran Jeneponto, Sulawesi Selatan pada 1954 ini merekrut 30 perajin, dan 10 orang di antaranya adalah karyawan tetap. Jumlah perajin tersebut, sambung ayah delapan anak ini bisa membengkak jika ada permintaan pesanan barang dari luar negeri.

    Selain membuat seni ukir khas Dayak Kalimantan, Bahati Jaya acap kali mendapat pesanan dari berbagai negara. Di ruang kerja yang relatif sempit itu, misalnya terlihat sejumlah patung berwajah seram pesanan dari Amerika Serikat. Untuk mengerjakan patung setinggi dua hingga tiga meter itu, Bakri Udin memasang tarif Rp 15 juta per patung. Selain Amerika, peminat patung-patung seram itu juga berdatangan dari Eropa, seperti Swiss yang sudah membukukan 0rder-nya untuk pengiriman tahun depan.

    Pesanan lainnya yang sedang dikerjakan Bakri Udin adalah aneka perabot rumah tangga berbahan kayu untuk dikirim ke Jepang. Barang-barang berupa meja, kursi, sendok, sumpit hingga lemari itu dikirim secara rutin setiap tiga bulan ke Jepang. Setiap kali barang dikirim, Bakri Udin menerima pembayaran sekitar Rp 200 juta.

    “Saya bekerja sesuai pesanan. Ada yang pesan patung-patung, ukiran kayu maupun perabotan rumah tangga berbahan dasar kayu, semua bisa saya layani,” tutur penerima penghargaan Upakarti tahun 1990 ini.

    Untuk memproduksi ukiran serta pesanan dari mancanegra itu, Bahati jaya menggunakan bahan baku berupa kayu Ulin dan Bangkirai dengan pemakaian sekitar tiga meter kubuk per bulan.

    Dukungan Pemda
    Bahati Jaya hanya salah satu saja dari sejumlah usaha seni ukir kayu Kalimantan yang ada di Samarinda, tetapi perusahaan milik Bakri Udin ini tercatat sebagai yang paling sukses dan acapkali mengikuti pameran ke luar negeri.
    Selain booming usaha akibat dampak reformasi, Bakri Udin mengaku dukungan dan fasilitas usaha yang diberikan Pemerintah Daerah Kalimantan Timur merupakan faktor yang sangat menentukan bagi kelangsungan usahanya. Bentuk dukungan itu antara lain, pelatihan pemasaran yang rutin diadakan oleh Pemda. Selain itu, kata Bakri Udin, sejumlah penghargaan yang diterimanya dari berbagai instansi merupakan modal besar dalam mengembangkan usaha seni ukir kayu Kalimantan. Paling tidak, tandas Bakri Udin, usahanya itu diakui ikut memperkaya khasanah seni dan budaya nusantara.

    Related Posts :



0 komentar:

Leave a Reply

Recent Comment


ShoutMix chat widget

Random Post