• Kayu Manis Rempah Tertua di Dunia

    Majid Hamidi Nanlohy
    Kayu manis (Cinnamomum Zeylanicum), merupakan rempah yang beraroma dan memiliki rasa manis dan pedas. Rempah ini dianggap sebagai bumbu makanan tertua di dunia. Karena telah dipergunakan bangsa Mesir Kuno sejak 5000 tahun lalu. Bahkan soal kayu manis ini, berulangkali disebutkan dalam Alkitab Perjanjian Lama umat Kristiani.

    Selain sebagai rempah, jika dicampur dengan madu maka kayu manis ini ternyata juga dapat berguna bagi kesehatan. Dalam hal pengobatan, kayu manis dikenal dapat mencegah diabetes, mengurangi kolesterol dalam darah, menguatkan rahim, menjarangkan kehamilan, menghilangkan bau nafas, sakit gigi, mencegah penuaan, melangsingkan badan, mengobati jerawat dan kulit, juga mengatasi sakit perut dan cacingan.

    Tumbuhan ini berasal dari Asia, kemudian diperkenalkan di Mesir dan Eropa pada abad ke-17 sebelum Masehi. Perdagangan kayu manis sendiri sudah sejak abad ke-15 yang dibawa oleh orang-orang Eropa. Kayu manis ditanam di kawasan beriklim tropika dengan kekerapan hujan antara 2000 sampai 3000 mm setahun. Dan dengan kelembaban udara yang tinggi serta musim kering yang pendek. Pohon kayu manis dapat mencapai ketinggian hingga 30 kaki, serta tumbuh subur di tanah rendah dan tanah tinggi sekitar 500 meter dari permukaan laut.

    Di Indonesia, kayu manis menyebar luas di wilayah Jawa dan Sumatera. Sejauh ini budidaya kayu manis dilakukan melalui biji dan stek. Manfaat pohon kayu manis ternyata sangat banyak. Selama ini kulit kayu manis biasa digunakan untuk rempah-rempah serta bahan campuran produk industri. Kulit kayu manis menghasilkan minyak yang disebut oleoresin, biasa dipergunakan sebagai bahan untuk pembuatan sabun dan minyak wangi.

    Daun dan cabang kayu manis juga sering di suling untuk menghasilkan minyak, sementara buah kayu manis yang kering sebagai rempah untuk memberi rasa pada makanan. Bubuk kayu manis ternyata ampuh untuk mengatasi penyakit kram pada perut, diare, malaria, batuk dan mengatasi rasa sakit di dada.

    Biasanya minyak kayu manis ini dijadikan campuran teh dan dapat juga sebagai bahan antibakteri. Selain itu, pohon kayu manis juga ditanam khusus sebagai pohon pelindung jalan dan peneduh. Tetapi yang paling hangat saat ini, adalah kegunaan minyak kayu manis sebagai bahan baku energi alternatif.

    Komoditi Ramah Lingkungan
    Kayu manis merupakan tanaman, yang pohonnya mampu mencapai ketinggian sekitar 15 meter. Berwarna coklat keabu-abuan sampai coklat kemerahan dengan bau aromatik yang sangat kuat. Sementara getahnya berwarna keputihan atau kuning muda. Daunnya agak berhadapan, berseling atau spiral, dengan titik-titik kelenjar dan berbau harum ketika diremas. Bentuknya lonjong berwarna hijau muda dan kemudian berubah menjadi merah muda. Perbungaan terjadi di ujung atau di ketiak daun, bunga biseksual jarang yang berbunga tunggal. Buahnya berbiji satu berbentuk bulat telur sama seperti bijinya.

    Saat ini, Indonesia merupakan produsen terbesar produk Cassiavera yang berasal dari tanaman kayu manis. Dalam upaya melestarikan sumber daya alam dan membangun sosial ekonomi masyarakat lokal, serta mendukung sistem pertanian berkelanjutan yang berwawasan lingkungan, sebuah Forum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bernama Yayasan WARSI turun tangan menjalankan program rempah organik komoditi Cassiavera tersebut.

    LSM yang menangani propinsi-propinsi di wilayah Sumatera Bagian Selatan seperti Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Bengkulu ini, bekerja sama dengan sebuah perusahaan importir Amerika, Forestrade Inc., yang berpusat di Vermont New York. Perusahaan ini terkenal di Amerika dan Eropa dalam kegiatannya berdagang rempah-rempah dan kopi ramah lingkungan dan sehat, atau lebih dikenal dengan nama Cassiavera Organik.

    Yayasan WARSI dalam aktivitasnya turut melibatkan beberapa pihak, seperti masyarakat petani kayu manis (Cassievera), pedagang pengumpul desa, lembaga perwalian lokal/desa, PT Pergamino (eksportir) Fores Trade Inc. Mereka merupakan teknikal asistensi dan Fasilitator kegiatan ditingkat lapangan mulai dari petani sampai ke pengiriman eksportir dan Lembaga Sertifikasi Internasional Pertanian Organik NASAA Australia.

    Kegiatan pertanian organik dengan komoditi Cassiavera (kulit manis) yang dikembangkan Yayasan WARSI tersebut bekerja sama dengan Fores Trade Inc, dikembangkan di berbagai desa di Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin Bangko, Jambi.

    Seperti Desa Rantau Kermas, Desa Renah Alai dan Desa Plau Tengah. Tiga desa tersebut dianggap masih memiliki kearifan budaya dalam melestarikan sumber daya alam dan hutannya selama turun temurun. Terbukti dengan terpeliharanya hutan adat yang ada sejak zaman nenek moyang di desa mereka masing-masing. Apalagi ketiga desa tersebut tepat berbatasan dengan Kawasan Konservasi Kerinci Seblat.

    Potensi produksi di Desa Rantau Kermas sebanyak 364.900 kg dan sebanyak 301.200 kg berasal dari Desa Renah Alai. Sementara untuk Desa Pulau Tengah masih dalam pre implementasi atau persiapan dan penggalian potensi.

    Dalam program ini, Yayasan WARSI berperan sebagai fasilitator dan teknikal asistensi di lapangan dalam hal membuat model pengelolaan kegiatan dan membina serta mendampingi petani, lembaga perwalian lokal serta pedagang lokal di tingkat desa.. Hal ini untuk menjaga terjaminnya mutu produk Cassievera ketika sampai ke tangan pihak eksportir hingga konsumen.

    Petani yang menjadi anggota kegiatan ini, harus memenuhi kriteria, serta membuat kesepakatan kerja sama dengan lembaga perwalian lokal (Pengurus Kerja Pertanian Organik Desa) untuk mengelola ladang secara ekologis dan telah melalui proses sertifikasi dari pihak lembaga sertifikasi internasional NASAA Australia.

    Sistim pengelolaan kegiatan di lapangan, melibatkan lembaga lokal atau disebut Pengurus Kerja Pertanian Organik (PKPO), yang terdiri dari tokoh masyarakat dan pemuda PKPO ini berperan penting dalam menyatakan produk memenhi standar mutu organik, dan memantau kegiatan petani dalam proses pengolahan kebun kayu manis. Dan hasil dari kegiatan ini diakui pihak lembaga sertifikasi internasional NASAA Australia.

    Perusahaan eksportir, dalam hal ini PT Pergamino, khusus menampung produk-produk organic dari lokasi-lokasi yang telah dinyatakan layak untuk memproduksi komoditi rempah organik dan kopi. Perusahaan ini sendiri telah melewati proses sertifikasi internasional NASAA Australia.

    Sementara Forestrade Inc merupakan perusahaan internasional di bidang produksi dan perdagangan rempah-rempah, minyak atsiri dan kopi yang berkualitas sertai diakui sebagai produk organik.

    Dan demi menjamin mutu organik secara internasional, maka produk tersebut perlu diakui pihak lembaga sertifikasi internasional, yang dalam hal ini menggunakan lembaga sertifikasi internasional NASAA dari Australia. Proses sertifikasi ini dilakukan, dimana pihak dari tim sertifikasi tersebut akan datang langsung ke desa melakukan inspeksi, baik dari segi kondisi lapangan, sistim pengelolaan tanaman, tanah, dan sistim pengelolaan kegiatan organic yang dilakukan pada tingkat desa.

    Sembuhkan Beragam Penyakit
    Ternyata kayu manis memang tidak hanya menjadi sekedar rempah dan wewangian saja, sebab ketika dicampur dengan madu khasiatnya menjadi bertambah. Khususnya dalam mengatasi beragam gangguan kesehatan yang umumnya dialami manusia. Seperti, sakit gigi, kolesterol, demam, flu, ketidaksuburan, gangguan pencernaan, sakit perut, susah buang angina, sakit jantung, untuk proses kekebalan tubuh, jerawat, infeksi kulit, melangsingkan badan, kanker, keletihan, bau mulut, sakit telinga, hingga obat awet muda.

    Beragam khasiat kayu manis ini memang telah lama dikenal dalam sistim pengobatan tradisional. Melalui pengobatan yang dilakukan secara teratur dan benar sesuai takaran, biasanya si penderita dapat merasakan kemajuan dari proses pengobatannya. Bahkan tidak jarang langsung mendapat kesembuhan. Berikut ini adalah resep obat tradisional menggunakan kayu manis.

    Jika anda menderita sakit gigi, sebaiknya tidak perlu menahan rasa sakit yang menyiksa tersebut sampai terlalu lama. Cukup buat resep pasta dari sesendok teh bubuk kayu manis dan lima sendok makan madu. Lumuri gigi yang sakit tersebut dengan resep tersebut sebanyak tiga kali sehari.

    Masalah kolesterol juga dapat diatasi dengan tiga sendok teh bubuk kayu manis yang dicampur dengan 16 ons air teh dan dua sendok madu. Resep ini dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam darah hingga sekitar 10 persen dalam waktu dua jam. Jika resep obat ini dikonsumsi secara teratur selama tiga kali sehari, maka kolesterol kronis akan sembuh. Sakit kronis lain lain seperti batuk, demam dan sinus juga dapat disembuhkan jika mengkonsumsi sesendok teh madu hangat yang dicampur dengan seperempat teh bubuk kayu manis secara teratur selama tiga hari.

    Permasalahan ketidaksuburan ternyata juga bukan masalah pelik yang sulit untuk dipecahkan. Cukup dengan mengkonsumsi sejumput bubuk kayu manis yang dicampur dengan sesendok teh madu, maka wanita tidak akan kesulitan untuk hamil. Bahkan sepasang suami istri asal Maryland Amerika, telah mencoba resep ini bahkan mampu melahirkan sepasang anak kembar. Padahal selama 14 tahun masa pernikahan, mereka mengalami kesulitan dalam memperoleh keturunan.

    Bubuk kayu manis yang dicampur dengan dua sendok teh madu dan dikonsumsi sebelum makan, dapat mengatasi keasaman dan membantu prose pencernaan makanan. Sakit maag dan radang perut juga dapat teratasi dengan baik, jika meminum bubuk kayu manis bercampur madu ini. Bahkan berdasarkan studi di Jepang dan India, ramuan ini juga mampu membuat perut terbebas dari kembung karena susah buang angin.

    Resep campuran kayu manis dan madu ini juga diakui sebagai obat untuk menguatkan daya tahan tubuh serta melindungi tubuh dari bakteri dan serangan virus. Serta juga mampu mengatasi masalah penyakit kulit, seperti eksim, kurap dan sebagainya jika dibuat dalam jumlah takaran yang sama serta dioleskan pada kulit yang terinfeksi. Gangguan ampuran yang sama tetapi dengan air hangat dan dikumur, juga dapat mengatasi masalah bau mulut.

    Mungkin resep yang paling ditunggu kaum wanita untuk mengatasi masalah kegemukan. Dapat dimaklumi, karena target untuk memiliki tubuh langsing umumnya memang menjadi impian hidup kaum perempuan. Padahal untuk melangsingkan tubuh, cukup dengan meminum campuran bubuk kayu manis dengan madu yang direbus dengan secangkir air, setiap pagi sekitar satu jam sebelum sarapan dalam kondisi perut kosong atau pada malam hari sebelum tidur

    Tidak jauh-jauh dengan urusan wanita, atau anda yang ingin kelihatan tetap awet muda, cukup mengkonsumsi sesendok teh kayu manis dan 4 sendok madu yang direbus dengan 3 cangkir air. Lalu minum 1./4 cangkir air rebusan ini sebanyak tiga sampai empat kali sehari.

    Dan yang terbaru berdasarkan riset terbaru dari Jepang dan Australia, sesendok bubuk kayu manis dan madu yang dikonsumsi teratur sebanyak tiga kali sehari selama sebulan ternyata dapat mengatasi penyakit kanker perut dan tulang akut.

    Related Posts :



0 komentar:

Leave a Reply

Recent Comment


ShoutMix chat widget

Random Post